fbpx
GameFever ID
eSports List

5 Atlet Esports Indonesia Ini Sukses Berkarir Di Luar Negeri

Perkembangan dunia esports di Indonesia sudah semakin maju lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya tim-tim esports dan beragam turnamen esports yang terbentuk. Kesuksesan industri esports di Indonesia tidak lepas dari game-game mobile yang menjadi tren saat ini dikawasan Asia. Para pemain profesional mencoba menjadi yang terbaik dengan bergabung dan bermain untuk tim-tim esports besar di Indonesia seperti RRQ dan Evos.

Namun tahukah kalian sebelum game mobile menjadi booming, PC menjadi platform yang banyak ditekuni oleh pemain profesional. Bahkan mereka menjadi pemain andalan di timnya. Beberapa di antara mereka juga sudah ada yang bermain di kancah internasional dan membela tim esports besar dunia sekaligus mengharumkan nama Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain profesional asal Indonesia yang go internasional:

BnTeT

Pria bernama asli Hansel Ferdinand tersebut adalah seorang rising star di dunia CS:GO internasional. Mengawali karirnya pada tahun 2012 bersama tim NXL, kini BnTeT sudah 4 tahun bermain untuk tim luar negeri. Dua tim luar negeri yang menggunakan jasanya adalah Tyloo dan Gen.G Esports. Bahkan saat ini BnTeT adalah salah satu pemain kunci di tim Gen.G Esports.

Setelah prestasi menterengnya dalam turnamen-turnamen nasional pada tahun 2017, BnTeT direkrut oleh tim asal Tiongkok yaitu Tyloo. Tiga tahun bermain untuk Tyloo, BnTeT sukses menjadikan tim tersebut sebagai tim terbaik di Tiongkok, bahkan di Asia. Prestasinya antara lain juara StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqing 2018, eXTREMESLAND CS:GO Asia 2019, dan ESL Pro League Season 9 – Asia.

Setelah bergabung sersama Gen.G Esports awal tahun 2020, BnTeT langsung membawa timnya sebagai tim CS:GO terbaik di Amerika Serikat. Gen.G Esports berhasil menjuarai DreamHack Open Anaheim 2020 dan ESL One: Road to Rio – North America.

InYourdreaM

Siapa gamer Dota 2 di Indonesia yang tidak kenal dengan InYourdreaM. Pemuda yang mempunyai nama lengkap Muhammad Rizky ini merupakan pemain dengan MMR 9.000 di Dota 2. InYourdreaM merupakan pemain Dota 2 pertama yang berhasil mencapai MMR 9.000 di server Asia Tenggara. InYourdreaM juga salah satu pemain papan atas di Asia Tenggara yang mampu menembus MMR 10.000.

InYourdreaM pernah diisukan diundang untuk bergabung dengan tim juara The International dua kali yaitu OG. Namun karena masalah keluarga, InYourdreaM tidak menerima pinangan N0tail dan kawan-kawan dan lebih memilih bergabung dengan tim Tigers. Bermain bersama Tigers sejak pertengahan 2018, InYourdreaM berhasil menyumbangkan gelar juara DreamLeague Season 10. Selanjutnya di tahun 2020, InYourdreaM kembali go internasional dengan bergabung bersama tim Dota 2 asal Korea Selatan tim T1.

Rizky Faidan

Pemain profesional Pro Evolution Soccer asal Indonesia ini mengemparkan dunia di 2019 lalu. Bermain sebagai pemain baru dikancah esports dunia, Rizky Faidan langsung mengebrak. Prestasi yang berhasil dia torehkan antara lain juara PES League Asia 2019 hingga semifinalis PES League World Finals 2019.

Karena prestasinya tersebut tim esports asal Thailand yaitu Buriram United rela merogoh kocek untuk merekrutnya. Bersama Buriram United Rizky Faidan mengikuti turnamen Toyota E-League PES 2020. Kini Rizky Faidan sudah kembali ke Indonesia lagi dan sekarang akan mengikuti turnamen Indonesian Football e-League 2020 bersama tim PSS Sleman.

Whitemon

Matthew “Whitemon” Filemon adalah salah satu dari beberapa pemain Dota 2 asal Indonesia yang memutuskan untuk bergabung dengan tim esports luar negeri di tahun ini. Berposisi sebagai support di tim, Whitemon pernah membela tim Evos dari tahun 2018. Kemudian di tahun ini, Whitemon memutuskan untuk hijrah ke Geek Fam, tim Dota 2 asal Malaysia.

Enam bulan membela Geek Fam, Whitemon menyumbangkan dua gelar turnamen Dota 2, yaitu BTS Pro Series Season 2: Southeast Asia dan ONE Esports Dota 2 SEA League. Sayangnya kini Geek Fam sudah membubarkan tim esportsnya karena pandemi COVID-19 dan Whitemon berbabung bersama tim esports baru bernama Among Us bentukan Abed.

Xepher

Kenny “Xepher” Deo merupakan salah satu pemain Dota 2 paling berpengalaman di Indonesia. Dia sudah berkiprah di dunia esports profesional Dota 2 sejak 2014. Pemain yang mempunyai role sebagai support ini selanjutnya mondar-mandir di panggung profesional tanah air. Mulai dari tim Zero Latitude, tim NXL, hingga Req Regum Qeon pernah dia bela.

Selanjutnya Xepher bergabung bersama InYourdreaM untuk bergabung dengan tim Tigers pada di 2018 dan menjuarai DreamLeague Season 10. Setelah tim Tigers bubar, Xepher pindah ke tim Geek Fam bersama Whitemon pada awal 2020 ini. Sebelum akhirnya tim Geek Fam juga membubarkan diri pada Agustus kemarin.


Itulah lima pemain esports profesional asal Indonesia yang sukses berkarir di luar negeri. Sebenarnya, masih ada beberapa nama lagi yang belum disebutkan. Seperti duo pemain Indonesia yang baru saja bergabung dengan Orange Louvre untuk mengikuti MPL SG/MY Season 6, teman satu tim BnTeT di Tyloo yaitu xccurate, serta pemain yang baru saja bergabung degan T1 Dota 2 yaitu Jocham. Semoga saja ke depannya akan ada pemain-pemain esports profesional asal Indonesia yang memutuskan melanjutkan karirnya menuju internasional.

Related posts

Rilis Ulang, Metal Gear Solid dan Metal Gear Solid 2: Substance Tersedia di GOG

MongJi

Kian Populer, Jumlah Pemain Aktif Among Us di Steam Samai PUBG

Roni Istianto

Capcom Berusaha Bawa Resident Evil Village ke PS4 dan Xbox One

MongJi