fbpx
GameFever ID
Review

[Review] SEGA Genesis Mini – Harga yang Sepadan Untuk Nostalgia

Masih ingat dengan SEGA Genesis yang dirilis era 90-an? Kali ini SEGA merilis kembali untuk para pemain di era tersebut bernostalgia. Tentu saja SEGA Genesis Mini dirancang agar mirip dengan versi aslinya tapi dengan kesan sedikit lebih modern. Hal ini dilakukan karena berkembangnya zaman bukan? Tapi apakah dengan harga kisaran satu jutaan sepadan dengan barang yang diberikan oleh SEGA ? Mari kita bahas satu per satu.

Design

Di E3 2019, SEGA memperlihatkan konsol SEGA Genesis Mini dan sepertinya tidak banyak yang berubah dari SEGA Genesis di era 90-an. Hanya saja konsol ini lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya. Konsol mini ini di-design memiliki dua USB port untuk dua orang pemain dengan game yang mendukung untuk dua orang.

Tidak hanya menggunakan USB saja, SEGA Genesis Mini ini juga dilengkapi output dengan HDMI. Sayangnya, pemain hanya mendapatkan kontroler dengan tiga tombol saja. Walaupun yang saya inginkan adalah kontroler dengan enam tombol. Begitupun dengan kalian bukan? 

Pasti kalian juga menginginkan ini bukan?

Kalau kalian melihat dengan seksama, SEGA Genesis Mini ini memberikan slot cartridge layaknya SEGA Genesis dulu. Di dalam kotak pembukusnya, SEGA sendiri sudah menyediakan sebuah cartridge plastik yang tidak berfungsi. Fungsinya? Hanya sekedar sentuhan klasik yang bisa mengingatkan kita ketika masih kecil.

Konsol Sega Genesis Mini

Performa

SEGA Genesis Mini sudah terisikan 42 game dengan judul yang bisa dibilang cukup membuat pemainnya bisa bernostalgia. Sonic the Hedgehog menjadi idaman saya ketika di era 90-an. Di antara 42 game tersebut, SEGA juga ternyata menambahkan Darius dan Tetris yang tidak pernah dirilis di konsol original-nya. Hingga saat ini, SEGA belum memberikan keterangan resmi apakah mereka akan menambah game untuk SEGA Genesis Mini.

Daftar game Sega Genesis

Dari 42 game, saya yakin betul pasti kalian akan sering memainkan Eternal Champions. Apalagi kalian bisa memainkan game ini dengan teman dekat kalian.

Siapa enggak kangen sama game ini?

Saya pribadi sangat menyukai interface yang disediakan SEGA untuk konsol SEGA Genesis Mini. Saya tidak mengira bahwa ketika dinyalakan, SEGA Genesis Mini benar-benar bisa memberikan kesan nostalgia. Tiba-tiba saya teringat hari Sabtu biasa di mana saya masih menggunakan baju tidur dan langsung memainkan Sonic The Hedgehog. Tidak hanya itu saja, kalian bisa mengurutkan nama-nama game tersebut sesuai dengan urutan yang kalian inginkan.

Sonic The Hedgehog

Untuk bagian interface dan juga kontrolnya bisa dikatakan cukup lancar. Ada slot save untuk menyimpan progres permainan kalian dan apabila menahan tombol Start, kalian akan dilempar kembali ke menu pemilihan game. Dan kalau kalian merubah bahasanya dari Inggris menjadi Jepang, kalian akan melihat tampilan yang sangat berbeda dengan yang bahasa Inggris. Baik dari interfacenya, maupun poster-poster game.

Interface Jepang

Kesimpulan

Layaknya PlayStation Classic yang dirilis beberapa waktu lalu, SEGA Genesis Mini benar-benar membuat para pemain bisa kembali bernostalgia layaknya ketika mereka masih anak-anak.

Walaupun game yang siduguhkan bukan game yang bisa dimainkan berlama-lama, tapi dipastikan kalian akan mendapatkan quality time terbaik dengan orang yang anda ingin habiskan. Dengan harga kisaran satu jutaan, bisa dipastikan SEGA Genesis Mini sangat sesuai dengan apa yang disuguhkan. SEGA Genesis Mini akan tersedia 19 September 2019 di Indonesia dan pre-order sudah bisa kalian lakukan. Untuk info lebih lanjut kalian bisa lihat di sini.

Related posts

Tak Selalu Berhasil, 5 Inovasi Nintendo Ini Justru Tak Laku di Pasaran

MongJi

[Review] Plants vs. Zombies: Battle for Neighborville – Perang Besar Tiada Akhir

MongJi

2 Cara Memainkan Hatsune Miku: Project Diva MegaMix

clauscj

Leave a Comment

Leave a review

  • Design
  • Performa
  • Nostalgia