fbpx
GameFever ID
News ROM: Eternal Love Guide Tips and Tricks

Crusader Guide – Ragnarok M Eternal Love

Guide ini ditulis oleh : Andhiek

Crusader adalah varian dari job Swordsman disamping Knight, mereka merupakan kelas yang fleksibel, dengan kekuatan fisik yang baik dan juga kelihaian mereka dengan skill yang berbasis kesucian. Crusader ahli menggunakan gabungan dari pedang dan tameng ataupun dengan tombak sekalipun, bahkan mereka pun dapat menjadi pelindung dari rekan mereka dengan pertahanan fisik tinggi yang membuat lawan menjadi gentar, mereka juga bersumpah untuk melindungi  tanah air dari kegelapan, membasmi monster – monster kegelapan dengan kesucian dan keyakinan mereka dalam bertempur atas nama para dewa Rune Midgard.

Attribute Tambahan

STR + 21

AGI + 6

VIT + 26

INT + 1

DEX + 11

LUK + 1

(Max Job Level 40)

 

Kelebihan Job Crusader

+ Vitality Bonus Crusader cukup tinggi (+26), membuat job ini cocok bila dijadikan tank class, karena max HP, HP regeneration & Defense yang baik, apalagi jika didampingi dengan armor dan shield yang baik. Crusader akan mampu untuk menyalurkan damage rekan party kalian sehingga mereka dapat membasmi musuh dengan aman.

+ Crusader memiliki Strength Bonus yang baik (+21) dan juga kalian dapat mengembangkan skill Spear Mastery dari Crusader sehingga damage fisik kalian pun akan bertambah.

+ Skill Cavalry Combat berguna untuk menunggangi Peco Peco, dimana movement speed kalian akan bertambah dua kali lipat, dan kalian bisa menyerang dari atasnya. Sangat berguna untuk PVP ketika mengejar player dengan ranged attack, ataupun magic.

+ Skill Holy Cross dan Divine Protection dirancang untuk membuat kalian melawan monster Undead dengan efektif.

 

Kekurangan Job Crusader

Agility Bonus dari Crusader cukup rendah, membuat ASPD & Flee mereka buruk.

– Dalam segi offense, Crusader tidak cukup fleksibel dibanding Knight, karena skill mereka lebih berbasis defensive dan supportive, mereka tidak akan bisa berburu secara efektif tanpa didampingi kelas DPS yang baik, misalnya Hunter

– Crusader akan sedikit kesulitan dalam solo grinding dengan cepat karena skill offensive mereka yang sedikit.

 

Cara Berubah Menjadi Crusader

Pertama – tama setelah karakter Swordsman kalian mencapai job level 10, quest untuk merubah job menjadi Crusader akan muncul, untuk memulai kalian harus menuju Adventure Hall dan berbicara pada Toukyou dimana kalian berubah menjadi Swordsman. Pilih Change to Crusader untuk memulai ujian.

Sebelum berubah kalian bisa mengecek dulu skill – skill, attribute tambahan job Crusader bilamana kalian ingin berubah pikiran, jika sudah yakin pilih pilihan atas untuk melanjutkan.

Setelah itu kalian akan dipindahkan ke Crusader HQ di utara Prontera, dan yang harus kalian lakukan yaitu berbicara pada Muky Travins.

Dia akan menyuruh kalian untuk di baptiskan dan disucikan terdahulu sebelum memulai ujiannya, kalian harus menemui Thomasville di depan Prontera Church.

Sebelum pembaptisan, kalian diwajibkan memiliki 100 Red Potion, 50 White Potion & 10 Blue Gemstone, jika kalian tidak punya, kalian bisa membelinya di item shop terdekat, dan mereka cukup murah dan mudah didapat. Kembali ke Crusader HQ jika sudah selesai berbicara dengan Thomasville.

Muky Travins akan mulai menguji kemampuan, ketabahan dan juga nafsu kalian, sebagai Crusader kalian diharuskan untuk tidak haus darah dan membantai apapun didepan kalian dengan gelap mata, kalian akan dipindahkan ke sebuah reruntuhan dimana kalian diharuskan untuk berjalan dari awal ke ujung tempat tersebut dan bertemu seseorang Paladin bernama Mulemac Memoon TANPA menyerang monster apapun sepanjang jalan walau sesakit apapun serangan mereka, pastikan VIT kalian cukup agar kalian bisa melewati ujian ini dengan mudah.

Bicaralah pada dia dan katankan pada dia bahwa menjadi Crusader itu penting bagi kalian. Kalian akan dipindahkan kembali ke Crusader HQ.

Laporlah kepada Muky Travins dan dia akan senang dengan hasil kalian, setelah itu dia akan menyuruh Gabriel Valentino untuk memberi pertanyaan yang harus kalian jawab terlebih dahulu.

 

Pertanyaan pertama yaitu “Ketika melawan musuh Undead, apakah Holy Damage lebih baik.”

Jawablah pilihan lingkaran.

Kemudian pertanyaan terakhir yaitu “Sebelum kematian Munak dan Bongun, mereka saudara tetangga?” Jawab pilihan lingkaran.

Setelah itu masih ada tes terakhir sebelum kalian resmi menjadi Crusader, Gabriel Valentino akan mengirim kalian ke sebuah ruangan dengan monster – monster untuk bermeditasi selama kurang lebih satu menit untuk menguji ketabahan kalian, perlu diingat bahwa kalian JANGAN membunuh monster apapun disini untuk lulus.

Setelah itu kalian akan kembali ke Crusader HQ, bicaralah pada Muky Travins dan dia akan memindahkan kalian ke Job Change Hall untuk peresmian.

Selamat mencoba!

Related posts

(Guide) Weapon Synthesis

Tshabalala

(Guide) Daftar Pet Baru yang Hadir di Update 5.0

Tshabalala

(Build) Bard, Clown dan Minstrel

Tshabalala

1 comment

Leave a Comment