fbpx
GameFever ID
Articles

Evolusi Monster Behemoth Dari Seri Final Fantasy

Para pecinta seri Final Fantasy pasti udah gak asing lagi sama boss-boss besar yang punya badan gede, serangan sakit, Hit Point yang tebel, sampe yang punya mekanisme counter tiap kali kalian serang dengan serangan fisik maupun magic. Di artikel kali ini, Game Fever bakalan ngebahas salah satu Boss yang jadi trademark-nya Final Fantasy, yaitu Behemoth.

Final Fantasy I

Di game pertamanya, Behemoth gak ada sama sekali. Behemoth di seri ini cuma dijadiin artwork aja pas kalian udah namatin game ini. Mungkin artwork Behemoth lawan Warrior of Light ini karena kalian ngalahin Chaos kali ya. Karena kalo diliat dari bentuk in-game-nya Chaos ini sepintas mirip sama si Behemoth ini. Di seri PSP juga gak ada sama sekali si Behehmoth ini.

Final Fantasy II

Di seri ke-2 dari Final Fantasy, Behemoth ngeluarin debut pertamanya jadi boss di Coliseum pas kalian mau selametin Princess Hilda. Behemoth diseri ini jauh lebih gampang dibandingin seri-seri berikutnya, ditambah Behemoth sendiri juga gak ngeluarin serangan status-affecting ke karakter kalian. Serangannya cuma hit biasa tapi sakit dan punya HP yang gede, jadi tetep harus hati-hati ya. Oh ya, dia gak cuma jadi Boss doang disini, kalian juga bisa nemuin Behemoth di random encounter di daerah hutannya Mysidia jadi siap-siap ya kalo ketemu satu.

Selain itu, di seri Final Fantasy II ini, Behemoth juga punya tipe yang lebih kuat lagi, yaitu: King Behemoth, Dark Behemoth, Ultima Weapon. Untuk King Behemoth sendiri kalian bisa lawan dia di Jade Passage, karena dia ngejain kotak treasure yang isinya Rune Axe. Buat Dark Behemoth kalian bisa temuin di Arcane Labyrinth-Ekmet Teloess. cukup casting Blink dan Protect harusnya kalian gak akan kenapa-kenapa. Dan yang terakhir untuk Ultima Weapon kalian cuma bisa kalian temuin saat ngejalanin quest Soul of Rebirth yang cuma ada di seri Dawn of Souls atau 20th Anniversary.

Final Fantasy III

Nah diseri ke-3 dari Final Fantasy, Behemoth gak dijadiin boss disini tapi dijadiin random encounter yang bisa kalian temuin di Temple of Time. Si Behemoth ini jadi monster terkuat yang ada di area Temple of Time tadi, dikarenakan HP-nya yang besar dan juga basic hit dia yang sakit. Dan untuk King Behemoth-nya bisa kalian temuin di Ancients Maze.

Final Fantasy IV

Di Final Fantasy IV, Behemoth disini dikasih sedikit upgrade. Pertama kali muncul jadi mini boss di Lair of the Father, dia bakalan counter setiap serangan magic pemain dengan magic Malestorm. Magic yang akan ngebuat HP pemain tinggal satu digit. Dan buat King Behemoth-nya bisa kalian temuin di Final Fantasy IV versi GameBoy Advance dan Complete Edition dan jadi random encounter di Lunar Ruins. 

Final Fantasy V

Behemoth diseri Final Fantasy V ini cukup unik. Karena kalian cuma bisa temuin di versi GameBoy Advance dan Steam aja. Dan di versi ini, ada kemungkinan Behemoth akan nge-cast Meteor pas udah sekarat dan bisa kalian temuin di Sealed Temple. Versi King Behemothnya ada disemua versi game dan bisa kalian temuin di void.

Final Fantasy VI

Di Final Fantasy VI, Behemoth mulai muncul beberapa tipe. Behemoth biasa bisa kalian temuin di Floating Continent dan akan Counter dengan Meteor apabila kalian pake summon. Buat versi lebih kuatnya, Great Behemoth bisa kalian temuin di Kefka’s Tower dan kemungkinan buat ngecast Meteor jauh lebih besar. Buat Behemoth King-nya bisa kalian temuin di Cave on the Veldt dan kalian akan ngelawan dia sebanyak dua kali sebagai Boss, jadi siap-siap ya. Si Behemoth King ini juga punya versi Undead-nya yang bisa kalian encounter random di Veldt. Nah di Final Fantasy VI ini ada monster yang punya tipe Behemoth yang diberi nama Intangir. Berlokasi di Triangle Island, dia bisa ngasih 10 magic points. Dan yang terakhir adalah Dark Behemoth yang jadi optional boss di versi Steam.

Final Fantasy VII

Nah, berikutnya dari seri Final Fantasy VII. Behemoth di seri ini jauh lebih sedikit daripada seri-seri sebelomnya. Di Final Fantasy VII, Behemoth cuma ada dua tipe. Behemoth biasa bisa kalian temuin pas kalian lagi balik ke Midgar. Dan King Behemoth bisa kalian termuin di Northern Cave dan harus siap-siap buat nahanin serangan fisiknya Behemoth ini dan juga dia bisa ngecast Flare dan Comet2.

Final Fantasy VIII

Diseri ke-8 ini, Behemoth sepertinya dikurangin rolenya. Di seri yang ke-8 ini, Behemoth bisa kalian temuin di Great Plain of Esthar dan di lantai paling bawah Deep Sea Research Center. Uniknya pemain juga meng-encounter Behemoth level 1. Tapi jangan terkecoh ya. Karena walaupun Behemoth tersebut level 1, dia masih bisa ngecast Meteor, Flare, dan Mighty Guard.

Final Fantasy IX

Semakin kebelakang Square Enix kayaknya bener-bener ngurangin rolenya dari si Behemoth ini. Di seri Final Fantasy IX ini kalian bisa encounter di Memoria. Dan seperti biasa, si Behemoth ini punya skill Meteor Counter.

Final Fantasy X

Behemoth di seri Final Fantasy X ini balik lagi kayak seri-seri sebelomnya. Kalian bisa nemuin di Mt. Gagazet dan di ruins of Zanarkand. Masih dengan sistem yang sama yaitu serangan fisik yang sakit, tapi kali ini dia bisa ngecast Thundara. Karena biasanya Behemoth sama sekali gak bisa ngecast magic. Kalian juga bisa nemuin versi lebih kuatnya Behemoth King di inside Sin, dan akan ngecast Death saat dia mati. Nah, versi yang lebih kuat dari itu kalian bisa temuin di Monster Arena dengan nama Catoblepas. Sama kayak Behemoth King yang ngecast magic pas dia mati, tapi kali ini dia akan ngecast magic paling kuat yaitu Ultima.

Final Fantasy XI

Evolusi berikutnya dateng dari game online pertama seri Final Fantasy. Di seri Final Fantasy XI ini Behemoth jadi salah satu monster yang bener-bener kuat banget dan gak akan bisa dikalahin sendirian. Behemoth ini bisa kalian temuin di Behemoth’s Dominion dan Nyzul Isle. Behemoth di seri ini punya beberapa skill yang beda banget dari seri sebelomnya. Karena online kali ya. Contohnya kayak Flame Armor, Shock Wave, Thunderbolt, Wild Horn, dan yang paling kuat adalah Ecliptic Meteor. Selain itu di seri ini juga ada 2 tipe Behemoth. Yang pertama Elasmoth yang bisa kalian temuin di Abyssea. Dan yang kedua Skormoth yang bisa kalian temuin di Skirmish.

Final Fantasy XII

Final Fantasy XII jadi seri dengan tipe Behemoth terbanyak. Di seri ini Behemoth bener-bener berubah total. Behemoth disini berdiri dengan dua kaki dan pakai armor clothing dan punya senjata di tangannya. Layaknya manusia ya? Dan beberapa dari Behemoth ini bisa pakai Bacchus’s Wine yang bisa naekkin serangan mereka.

Final Fantasy XIII

Masih sama dengan seri-seri sebelomnya, Behemoth di seri Final Fantasy XIII ini juga punya serangan fisik yang bener-bener gede. Behemoth ini bisa kalian temuin di Gran Pulse dan gak susah buat nyarinya. Selain besar, game ini juga gak ngadain fitur random encounter. Jadi kalian gak harus lawan Behemoth ini. Bedanya disini adalah Behemoth berawal dari berkaki empat. Akan berubah saat kalian berhasil ngurangin HP dia kira-kira setengah. Dan disini situasi bener-bener bisa kacau banget. Karena serangannya jadi makin sakit dan HPnya juga semakin gede.

Final Fantasy XIV

Seri Final Fantasy XIV ini punya sistem yang berubah total untuk pemain encounter si Behemoth ini. Kalan bisa temuin Behemoth ini jadi FATE Event di map paling ujung Barat di Coerthas Central Highlands. Kalo berhasil ngalahin Behemoth ini, pemain punya kesempatan buat dapetin Baby Behemoth Minion dan Mount Behemoth sebagai hadiah Veteran Rewards. Sejak update A Realm Awoken, kalian bisa encounter boss ini di raid dungeon Labyrinth of the Ancients.

Final Fantasy XV

Seri terakhir Final Fantasy, Behemoth ini punya role yang sama kayak Final Fantasy XIII. Dimana kalian bisa dengan gampang temuin Behemoth ini. Pertama kali, kalian bisa lawan dia pas ngejalanin quest Deadeye. Tapi itu versi gampangnya, karena versi Tyrant-nya bisa kalian temuin di Nebula Wood. Buat versi online huntingnya, mungkin akan jauh lebih susah. Jadi mungkin kalian mau leveling karakter kalian di 120 dan fully equipped ke-4 karakter kalian.

Nah, bagaimana menurut kalian? Pasti pada kaget kan pas pertama kali encounter Behemoth ini. Jadi kalo ketemu satu, siap-siap ngecast Protect, Blink, dan mungkin Reflect.

 

 

 

 

Leave a Comment